Selasa, 17 November 2009

Karya Pura Dalem Suargan


(Paling kanan Bendesa Pakraman Kedewatan – Sang Putu Eka Pertama, SE.Ak, didampingi Ketut Mundel (Kelian), Dw Darmanda (Panitia) dan Dw Erawan (Petajuh)


HARI INI PUNCAK PIODALAN DI PURA DALEM SUARGAN KEDEWATAN
(Bakal dihadiri ribuan pemedek)


Hari ini Buda Umanis Wuku Medangsia, 13 Februari 2008 merupakan puncak piodalan di Pura Dalem Suargan Kedewatan – Ubud. Menurut Bendesa Pakraman Kedewatan, Sang Putu Eka Pertama, S.E.,Ak, yang ditemui wartawan di sela-sela kesibukannya dalam memimpin rapat panitia piodalan mengatakan bahwa piodalan kali ini merupakan piodalan ageng yang jatuh setiap tahun sekali dan akan dipuput oleh Ida Pedanda Gde Manuaba dari Geria Peling – Padang Tegal Ubud, Ida Batara nyejer selama 4 hari dan mesineb pada hari Minggu pagi, 17 Februari 2008. Pada saat bersamaan juga dilakukan piodalan di Pura Dalem Lingsir & Pura Dalem Dasar Kedewatan kata bendesa termuda di Bali ini. Saat puncak piodalan bakal dihadiri ribuan pemedek yang sebagian besar adalah pengiring Ida Batara dari tujuh tapakan barong dari berbagai desa pakraman di daerah Payangan, Ubud, Petang, dan Abian Semal Badung yaitu tapakan Ida Batara dari Pura Agung Payangan, Pura Puseh Melinggih, Pura Hyang Api Karang Suwung Payangan, Pura Dalem Tanggayuda, Pura Dalem Tengaling Bunutan, Pura Dalem Buangga Petang Badung, dan Pura Dalem Kedewatan Bongkasa Badung. Menurut Jero Mangku Ketut Mawa (Mangku Puseh Kedewatan), kehadiran tapakan Ida Batara dari berbagai desa pakraman tersebut telah dilakukan bertahun-tahun oleh leluhur di Desa Pakraman Kedewatan, dan ini mencerminkan semangat persaudaraan antar desa pakraman ternyata telah ada semenjak zaman dahulu. Saat puncak piodalan juga akan dihadiri Penglingsir dari Puri Ubud diantaranya Cokorda Putra Sukawati, Cok Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace), Cokorde Gde Raka Sukawati, dan penglingsir puri lainnya. Sehubungan dengan puncak piodalan tersebut diharapkan bagi pengguna jalan raya jalur Sayan – Kedewatan menghindari jalan tersebut, karena pada hari ini jalan tersebut macet total mulai pukul 18.00 sampai 24.00. Para pengguna jalan menuju dari Batubulan ke Payangan bisa menggunakan jalur Batubulan - Tebongkang – Ubud – Kedewatan – Payangan. Untuk itu kami selaku panitia mohon maaf atas terganggunya para pemakai jalan jalur Sayan – Kedewatan.
Pura Dalem Suargan Kedewatan merupakan salah satu Pura Dang Kayangan yang ada di Bali, dan berdasarkan sumber–sumber riptaprasasti, antara lain lontar Bhwanatattwa MahaRsi Markandhya, dan lontar Markandhya Purana, asal usulnya tidak dapat dipisahkan dengan perjalanan dharmayatra dan tirthayatra MahaRsi Markandya bersama pengiring Wong Aga nya tatkala melakukan tapabrata yoga semadhi di kawasan Gunung Lebah Campuhan. Kawasan ini adalah kawasan yang memiliki cara spiritual yang tinggi, dan saat tapabratanya MahaRsi Markadya bertemu dengan para Dewa yang diiringi bidadari maka kawasan itu dinamakan Desa Kedewatan (Dewata) dan beliau membangun parhyangan yaitu Pura Pucak Suargan dan Pura Dalem Suargan Kedewatan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar